Daftar Review

Jumat, 10 Februari 2012

Online Addicted! – Kecanduan yang Menimbulkan Kekacauan


Judul buku      : Online Addicted!
Pengarang       : Irena Tjiunata
Penerbit           : PT Gramedia Pustaka Utama
Tebal               :199 halaman


Dilihat dari judulnya, ini novel pasti menceritakan tentang gadis yang kecanduan main internet. Dan memang begitu. Korban kecanduan ini bernama Marrisa, biasa dipanggil Icha. Icha sangat hobi Facebook-an. Papanya yang mengenalkan Facebook padanya. Namun fungsi jejaring sosial itu malah ia salah gunakan. Terlebih lagi ketika Edo, sang pacar yang super sabar, menghadiahi sebuah smartphone sebagai kado ulang tahun untuk Icha. Icha tambah lengket deh.
Hingga kecanduan Icha semakin akut, masalah mulai timbul. Icha mulai mengabaikan keadaan di sekelilingnya, termasuk sahabat dan keluarganya. Hal yang paling menonjol ialah ketika Icha sudah asyik online, ia tidak akan lagi menggubris siapapun yang memanggilnya ataupun mengajaknya bicara.
Satu per satu kejadian terjadi. Icha hanya bisa berjanji dan terus berjanji untuk berubah. Bahkan, ia sempat mengecewakan neneknya yang jauh- jauh pulang dari luar negeri, hanya karena keasyikan online. Hmm..
Suatu hari, ponsel pintar Icha ketinggalan di rumah. Padahal bel sebentar lagi dan les pertama Icha akan menghadapi ulangan Bahasa Indonesia. Tapi apa yang terjadi? Icha tetap nekat pulang ke rumah. Akibatnya, ia tidak mengikuti ujian dan dihukum guru. Beruntung Edo sangat menyayanginya dan rela berbohong demi Icha hingga akhirnya Icha diperbolehkan mengikuti ujian susulan.
Tentunya masalah tidak berhenti sampai di sini. Masih banyak lagi masalah yang Icha timbulkan. Membaca novel ini membuat kita melihat dampak- dampak yang terjadi akibat tidak dapat membatasi diri untuk memilih waktu yang tepat dalam menjelajahi dunia maya. Dan ketika nilai Icha mulai merosot hingga ia terancam tinggal kelas, dapatkah Icha memenuhi janjinya untuk berubah ?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar