Daftar Review

Sabtu, 20 Juli 2013

Jo Anak Gelandangan - Enid Blyton



Judul             : Jo Anak Gelandangan
Pengarang    : Enid Blyton
Penerbit        : PT Gramedia Pustaka Utama
Tebal              : 256 halaman

Sinopsis :
George dan Timmy hilang – apakah mereka diculik? Mengapa seseorang masuk ke Pondok Kirrin dan mengobrak- abrik ruang kerja Paman Quentin? Lima Sekawan yakin kedua hal itu pasti ada hubungannya. Tapi apa? Dan bagaimana mereka dapat memecahkan misteri itu, kalau mereka cuma tinggal bertiga?

Review :
Berbeda dengan liburan sebelumnya, Lima Sekawan tidak melakukan perjalanan (baca: petualangan). Mereka tetap tinggal di Pondok Kirrin karena Paman Quentin dan Bibi Fanny memutuskan untuk berlibur ke Spanyol, mengistirahatkan Paman dari segala pekerjaannya selama ini.

Julian, Dick, Anne, George, dan Timmy berencana untuk berenang di pantai setiap hari. Suatu hari, mereka bertemu dengan Jo, gelandangan yang duduk di lubang yang dibuat oleh George. Pertengkaran pun terjadi. Jo dan George tidak akur. Mereka seperti kucing dan tikus saja. Ternyata Jo adalah anak perempuan. Ia mirip sekali dengan George kalau diamati, hanya dalam versi kumal.

Suatu malam, rumah kemasukan maling. Padahal Julian sudah mengunci seluruh jendela. Ruang kerja Paman Quentin dibongkar, brankasnya juga. pasti maling itu menginginkan dokumen penting milik Paman. Dan parahnya, George dan Timmy menghilang. Awalnya sepupu- sepupu George mengira ia dan anjingnya berjalan- jalan. Namun saat hari sudah malam dan ia tidak juga kembali, mereka mulai khawatir.

Lalu datanglah Jo mengantarkan sebuah surat yang berisi keterangan mengenai George. Dan benar, ia diculik. Sebagai tebusannya, para sepupu George harus menyerahkan catatan Paman Quentin kepada mereka dengan cara yang telah ditentukan dalam surat. Mereka juga tidak boleh melibatkan polisi. Wow, petualangan baru segera dimulai!

Benarkah Jo adalah gelandangan jahat yang terlibat dalam penculikan George dan Timmy? Mampukah anak- anak mengalahkan penjahat dan membawa pulang George dan Timmy? Ikuti petualangan seru mereka di seri kesembilan Lima Sekawan.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar