Daftar Review

Minggu, 07 Juni 2015

In A Blue Moon - Ilana Tan

Judul                     : In A Blue Moon
Pengarang          : Ilana Tan
Penerbit              : PT Gramedia Pustaka Utama
Tebal                     : 320 halaman

Sinopsis :

“Apakah kau masih membenciku?”
“Aku heran kau merasa perlu bertanya.”

Lucas Ford pertama kali bertemu dengan Sophie Wilson di bulan Desember pada tahun terakhir SMA-nya. Gadis itu membencinya. Lucas kembali bertemu dengan Sophie di bulan Desember sepuluh tahun kemudian di kota New York. Gadis itu masih membencinya. Masalah utamanya bukan itu – oh, bukan! – melainkan kenyataan bahwa gadis yang membencinya itu kini ditetapkan sebagai tunangan Lucas oleh kakeknya yang suka ikut campur.

Lucas mendekati Sophie bukan karena perintah kakeknya. Ia mendekati Sophie karena ingin mengubah pendapat Sophie tentang dirinya. Juga karena ia ingin Sophie menyukainya sebesar ia menyukai gadis itu. dan, kadang- kadang – ini sangat jarang terjadi, kakeknya bisa mengambil keputusan yang sangat tepat.

Review :

Perjodohan bukanlah sesuatu yang menyenangkan bagi Sophie Wilson. Apalagi pria yang dijodohkan padanya adalah pria yang ia benci, Lucas Ford. Mereka satu SMA dan karena Lucas, Sophie tidak bisa menikmati indahnya masa SMA. Ia tentu tidak akan menerima perjodohan ini.

Namun Lucas berusaha keras agar Sophie mau menerimanya. Memang kakeknya, Gordon Ford, terus mendesak dan terkesan ‘kepo’ dalam urusan jodoh- menjodohkan. Terlebih dahulu, Lucas berharap agar Sophie mau memaafkan kesalahannya dulu.

 “Tapi mereka semua menyukaimu. Kenapa mereka menyukaimu? Kenapa hanya aku yang membencimu? Apakah aku salah? Apakah kau sebenarnya tidak seburuk yang kuduga? Tiba- tiba saja aku merasa buruk karena menjadi satu- satunya orang yang membencimu. Kemudian aku harus mengingatkan diriku sendiri bahwa aku tidak salah. Aku punya alasan membencimu. Aku berhak membencimu. Aku membencimu atas apa yang pernah kaulakukan padaku dan aku membencimu karena membuatku meragukan diriku sendiri!” (hal. 78)

“Dengar, anak laki- laki yang dulu membuat hidupmu susah memang aku,” kata Lucas sambil menatap Sophie lurus- lurus. Kemudian ia menunjuk ke arah gedung Jump Start dan melanjutkan, “Tapi orang yang tadi kaulihat di dalam sana itu juga aku. Manusia bisa berubah, Sophie.” (hal. 79)


Meski awalnya Lucas merasa bahwa kakeknya terlalu ikut campur, tetapi ia tidak bisa menyangkal bahwa ia senang dijodohkan dengan Sophie. Dengan alasan bahwa kakeknya terus mendesaknya, ia bisa terus berada di dekat Sophie.

Butuh usaha ekstra karena Sophie tidak mudah membuka pintu hatinya untuk Lucas. Tapi usaha Lucas Ford tidak sia- sia. Setelah melalui hari yang terasa sangat panjang, membujuk dan mendekati Sophie, Sophie akhirnya bisa memaafkan Lucas.

Sophie yang awalnya bersikap ketus terhadap Lucas mulai terbuka dan bersikap manis pada Lucas, bahkan wajahnya selalu dihiasi senyuman, jantungnya berdebar, dan ia selalu menunggu telepon ataupun SMS dari Lucas. Sophie rasa sedang jatuh cinta pada Lucas.

“Kau mungkin tidak sempurna, tapi kau sempurna untukku.” (hal. 231)

Di tengah kedekatannya dengan Lucas, mantan pacar Sophie, Adrian Graves kembali ke New York. Ia meminta kesempatan kedua dari Sophie. Sayangnya hati Sophie sudah menjadi milik Lucas. Kemudian beredar gosip bahwa Lucas dekat dengan model bernama Miranda Young. Sophie tentu saja cemburu. Lalu, apakah ia akan kembali pada Adrian Graves atau tetap menuntut penjelasan dari Lucas? Ikuti kisah mereka dalam In A Blue Moon.
Y

Novel  Ilana Tan selalu menjadi novel yang saya tunggu- tunggu terbitnya. Dan tahun ini senang mendengar kalau ada novel baru Ilana Tan yang terbit. Saya masih ingat novel terakhir Ilana Tan yang terbit sebelum ini, Sunshine Becomes You, berhasil melelehkan hati para pembaca termasuk saya.

In A Blue Moon sendiri memiliki konsep dan tema yang sangat berbeda dengan Sunshine Becomes You. Bagi teman- teman pembaca yang belum bisa move on dari Mia dan Alex, novel ini mungkin akan terasa kurang gregetnya.

Novel ini manis seperti tartlet yang dibuat oleh Sophie. Saat mengikuti kisah Sophie dan Lucas juga bisa senyum- senyum sendiri. Selain kisah cinta yang manis, konflik yang muncul juga membuat novel ini terasa ringan. Tidak ada masalah kompleks yang muncul di cerita. Semuanya teratasi dengan mudah.


Secara keseluruhan, saya cukup menikmati novel yang manis ini. Sayangnya, saya termasuk salah satu yang belum bisa move on dari pasangan Mia dan Alex meski sikap Lucas bikin meleleh setiap wanita. Jadi, saya memberi 3 dari 5 bintang untuk In A Blue Moon.

2 komentar:

  1. aku suka bangeeetttt sama Lucas dan sampe sekarang review nya nggak selesai-selesai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha..mari mereview..aku juga lagi kumat malasnya tapi sudah lama dianggurin..jadinya review In A Blue Moon ini dulu..hehe..

      Hapus