Daftar Review

Minggu, 07 September 2014

The Chronicles of Audy : 21 by Orizuka

Judul             : The Chronicles of Audy : 21 (buku 2)
Pengarang    : Orizuka
Penerbit        : Haru
Tebal              : 308 halaman

Sinopsis :
Hai. Namaku Audy. Umurku masih 22 tahun. Hidupku tadinya biasa- biasa saja sampai aku memutuskan untuk bekerja di rumah 4R.
Aku sempat berhenti, tapi mereka berhasil membujukku untuk kembali setelah memberiku titel baru: ‘bagian dari keluarga’.
Di saat aku merasa semakin akrab dengan mereka, pada suatu siang, salah seorang dari mereka mengungkapkan perasaannya kepadaku.
Aku tidak tahu harus bagaimana!
Lalu, setelah itu belum cukup mengagetkan, terjadi sesuatu yang tidak pernah terpikirkan siapa pun.
Ini, adalah kronik dari kehidupanku yang semakin ribet.
Kronik dari seorang Audy.

Review :
Setelah Audy pergi, kami langsung sadar kalau kehadiran Audy sangat penting bagi kami. Bukan sebagai pembantu ataupun babysitter, tapi sebagai… bagian dari keluarga. (hal. 9)

Pernyataan Regan yang manis itu terngiang kembali di benak Audy. Pernyataan itulah yang membuat Audy luluh dan bersedia untuk kembali lagi ke rumah 4R. Tetapi sekembalinya Audy ke rumah 4R, belum ada perubahan berarti yang ia alami. Pekerjaannya masih sebagai babysitter merangkap pembantu rumah tangga. Sikap 4R juga masih sama sehingga membuatnya bertanya- tanya apa arti ‘bagian dari keluarga’ itu sendiri.

Sambil mencari jawaban atas pertanyaan itu, Audy menjalani rutinitasnya kembali, dimulai dari mengantar dan menunggui Rafael di sekolah hingga memasak untuk mereka. Rafael masih seorang anak yang tidak sopan. Tapi lucu juga mendengarnya memanggil kumpulan ibu- ibu yang suka bergosip itu dengan sebutan ‘kandang jangkrik’. Namun perlahan, Audy berhasil untuk membuat Rafael menjadi lebih baik. Kira- kira bagaimana caranya ya mengingat Rafael itu agak berbeda dari balita lainnya ?

Kemudian ada Romeo yang ternyata menyimpan kisah yang tidak diduga oleh Audy sebelumnya. Mereka saling berbagi dan Audy mengerti kondisi Romeo. Keduanya menjadi akrab.

Begitu banyak yang terjadi belakangan ini yang membuat Audy sedih sekaligus bahagia. Apa saja kejadian kocak, menggemaskan, dan mengharukan yang ada dalam kronik Audy ini? Ikuti kisah selengkapnya di The Chronicles of Audy: 21.
*
Hai hai.. Mengawali September ceria ini, postingan pertama juga postingan novel bernuansa ceria, kocak, dan (sedikit) mengharukan. Nunggu novel ini sampai setahun akhirnya terbit dan kesampaian baca juga. Ya, lanjutan dari kronik Audy, 21.

Seperti 4R, 21 masih membuat saya menyukai kisah ini dengan karakter khas masing- masing tokoh. Porsinya pas semua. Bahkan di novel ini, pembaca akan mendapat kejutan- kejutan baru yang membuat kehidupan Audy jadi membingungkan (awalnya) namun bermakna.

Jika di 4R tokoh favorit saya adalah Rex, di 21 ini rasanya sulit untuk tidak jatuh cinta sama semua karakternya. He he..

Hanya saja, untuk kalimat- kalimat tertentu yang menceritakan tentang ibunya Audy, masih menggunakan kata ‘dia’ sebagai kata ganti untuk ibunya yang membuat saya kurang nyaman. Selebihnya oke. Suka dengan kronik Audy yang kedua ini. Lebih seru dari yang pertama. 4 dari 5 untuk 21.


Bagi teman- teman yang belum pernah membaca 4R, disarankan untuk membaca terlebih dahulu. Tapi kalau mau baca 21 langsung, di bagian depan juga ada kilas balik secara singkat tentang apa yang terjadi di 4R. Recommend deh buat pecinta novel. Selamat membaca J

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar