Daftar Review

Sabtu, 25 Mei 2013

Benabook - Benazio Rizki


Judul             : Benabook
Pengarang  : Benazio Rizki
Penerbit       : Bukune
Tebal             : 284 halaman

Sinopsis :
Dibalik pohon, biasanya ada orang yang pipis, tapi dibalik “si pohon kribo” yang ini ada banyak ide. Ya, masa kecil Bena yang kuper, cupu, dan penakut membuatnya asyik dengan dunia sendiri – main internet, gadget, menulis, dan berteman dengan kucing. Tapi dari situlah, tumbuh ide- ide menjamur dalam kepalanya yang kribo.
Sekarang, setelah dikenal sebagai blogger, pembuat video, dan…”pohon berjalan”, Bena membagi kisahnya. Mulai dari cerita celana superpendek masa SD yang membuat ia jadi incaran om- om, masa pedekate dengan cewek cakep lewat internet, sampai pengalamannya tampil di depan umum untuk kali pertama.
BenaBook dikemas khas gaya Bena – santai, penuh permainan, dan ilustrasi yang unik.

Review :

Wah, cakep nih buku. Pertama kali waktu gue lihat buku ini di toko buku, gue belum tertarik untuk beli. Pas tahu kalau buku ini dapat respon yang bagus di Goodreads dan media lainnya, akhirnya gue tertarik untuk membeli buku ini. dan taraaa…..buku ini akhirnya gue beli dengan budget pas- pasan tapi maksa dan selesai dibaca dalam waktu singkat.

Bena saat terserang virus alay
Bukunya? Keren bo! Gambarnya unyu- unyu. Banyak tapi seimbang dengan tulisan yang ada di dalamnya. Merah, hitam, dan putih menjadi warna dominan di buku ini. Plus dengan pembatas bukunya yang nggak kalah unyu, berbentuk kacamata si kribo. Soal fisik buku ini, puas deh.

Isinya? Seperti judulnya, buku ini menceritakan tentang kehidupan Bena dari sebelum ia dilahirkan hingga kribo seperti sekarang, kribonisasi namanya. Penuturannya lincah dengan bahasa yang khas anak muda banget yang gue jamin elo bakalan suka. Mengikuti kisah hidup Bena juga membuat gue ikut bernostalgia tentang masa kecil gue.

Bena yang kuper akhirnya menemukan temannya. Dalam kesendiriannya ia menemukan dunia barunya. Bena menjadi techno lover. Ia mulai suka sama gadget, mulai berkenalan dengan software- software komputer dan juga jejaring sosial. Buat temen- temen yang penasaran sama Bena, temen- temen bisa berkunjung ke blognya di benablog.com ataupun melalui akun Twitter nya di @benakribo.
pembatas bukunya yang nggak kalah unyu

Meski kuper, gini- gini Bena juga punya kisah cinta yang tak lekang oleh waktu lho *halaaa* Sejak duduk di bangku sekolah, Bena lancar mengeluarkan aksi pedekate yang sayangnya selalu berujung pada penolakan. Namun ia tidak patah semangat. Hidup tetap berjalan, cuy. Yang unik adalah gaya Bena menggunakan nama gebetan dan mantannya.  Ada Bunga (yang ini masih oke), Cherry (yang ini juga), Sawi (bah, lari ke sayur), Kismis (no komen dah), Singkong (ini mantannya Bena yang paling brutal), Kangkung (asli ilustrasinya bikin ngakak), hingga Bombay.

Biar ngakak- ngakak gini, Bena tak lupa menyisipkan sepatah- dua patah kata untuk memotivasi para pembaca. Ini dia beberapa quote- quote dari Benabook :
BANYAK ORANG YANG MENYEPELEKAN SEBUAH MIMPI.
Padahal, berawal dari sebuah mimpi, kita bisa mewujudkan apa yang menjadi tujuan hidup kita. Kalo kita bisa memimpikannya, berarti kita bisa mewujudkannya. Tinggal gimana kita ngeyakinin diri sendiri dan nikmatin proses yang ada. (hal. 247)

Tanpa orang tua kita, kita tidak akan pernah terlahir ke muka bumi ini.
Tanpa orang tua kita, kita mungkin tidak akan bisa menikmati kehidupan seperti sekarang ini.
Dan;
Tanpa ridho orang tua kita, kita tidak akan bisa menjadi siapa- siapa. Karena ridho Tuhan, adalah ridho orang tua kita.
Dari semua yang terjadi di dunia ini, ada satu hal yang nggak bisa kita hindari. Takdir. Hanya Tuhan yang mengatur semua itu. Kita sebagai manusia jangan pernah berhenti bersyukur dan berdoa kepada-Nya. Sayangi dan cintai orang- orang terdekat kita selama mereka masih ada. Bersyukur atas apa yang kita punya, dan ucapkanlah keinginan kita kepada Tuhan dalam setiap doa kita. Yakinlah, bahwa Tuhan akan membalas kita dengan salah satu dari tiga jawaban ini :
Ya.
Ya, tapi belum saatnya.
Aku punya rencana lain untukmu.
TIDAK PERNAH ADA KATA ‘TIDAK’. (hal. 254)

Lalu…….emm…..baca sendiri dan temukan gambar- gambar lucu yang menggelitik di dalam Benabook ya.

Bukunya oke, cocok sama teman- teman yang belum terbiasa baca novel, apalagi tentang kisah hidup seseorang, Benabook menyajikannya secara berbeda. Isinya juga ringan, tidak seberat bukunya.

Salah satu yang membuat saya suka buku ini adalah kolom yang berisikan nama- nama mereka yang berjasa dalam proses ‘kelahiran’ buku ini di bagian Behind Benabook. Tentunya ini merupakan apresiasi tersendiri bagi mereka yang telah bekerja keras dalam menuangkan ide- ide kreatif semuanya.



Buku ini gue rekomendasikan bagi teman- teman, cocok untuk semua umur. He he.. Selamat membaca :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar