Daftar Review

Kamis, 06 Desember 2012

Truth or Dare - Winna Efendi dan Yoana Dianika




Judul               : Truth or Dare

Pengarang      : Winna Efendi dan Yoana Dianika

Penerbit          : Gagasmedia

Tebal               : 304 halaman



Sinopsis :
Long Time No See
Suaramu seperti embusan udara segar saat terdengar di gagang telepon.
Apa kabarmu, Teman? Semoga waktu memperlakukanmu dengan baik.
Oh ya, tentu saja aku juga kangen padamu. Bahkan, sampai detik ini, kau selalu ada di speed dial handphone-ku – dan juga hatiku.
Miss You Like Crazy
Banyak yang ingin aku ceritakan padamu saat bertemu nanti.
Tentang teriknya matahari, tentang indahnya rembulan, tentang ceritaku yang terjadi di antaranya.
Wish You Were Here
Tahukah kamu, sampai kau kembali lagi, akan selalu ada dua kursi di teras rumahku? Dan setiap sore, aku duduk di sana, membaca buku dan menunggu. Aku ingin, saat kau datang nanti, akulah orang yang pertama kali kau temui. Yang berlari ke arahmu sambil memekik senang.

Menjadi orang pertama yang akan memberimu pelukan selamat datang….

Review :
Berbeda dengan Gagasduet sebelumnya yang saya baca (Menunggu), Gagasduet yang satu ini terdiri dari dua novella yang saling berhubungan. Judulnya diambil dari nama tokohnya, yaitu Alice dan Catherine. Keduanya pribadi dengan perbedaan yang mencolok. Uniknya, perbedaan itu menyatukan mereka sebagai sahabat. Al  cenderung diam dan kalem sementara Cat yang lebih berani.

Cerita pertama dimulai dari Al. Ia mengenal Cat saat duduk di bangku SMP (junior high). Al yang sering dihina dan dipermainkan suatu hari dibela oleh Cat. Sejak itu mereka berteman kemudian menjadi sahabat. Hari- hari mereka lalui dengan indah di Belfast, kota kecil tempat mereka tinggal.
Hingga suatu hari, Gregg, guru sejarah mereka, memberi tugas kelompok untuk membuat Historical Project versi mereka. Tentu saja Al sekelompok dengan Cat. Yang menjadi kejutan ialah murid baru yang menawarkan diri untuk bergabung dalam kelompok Al- Cat. Namanya Julian. Segera saja mereka menjadi akrab. Ditambah dengan tugas yang sedang mereka kerjakan membuat mereka seolah tidak terpisahkan.

Sayangnya, Al dan Cat jatuh hati pada cowok yang sama. Cat tidak tahu perasaan Al. Julian sendiri menyukai Cat. Dan mereka berpacaran. Namun kesalahpahaman terjadi sehingga hubungan mereka bertiga retak. Apakah segalanya dapat kembali seperti sedia kala? Bagaimana persahabatan yang sudah terjalin kuat antara Al dan Cat, juga kisah cinta Jul dengan Cat? Ikuti kisah mereka bertiga selengkapnya di Truth or Dare ya.

Cat… Bagiku, persahabatan adalah satu- satunya hal yang tidak pernah mati di dunia. Saat semua berubah, hanya persahabatan yang tidak berubah. Cat, persahabatan kita tidak pernah berubah. Hanya perasaan dan emosi kita saja yang berubah, berjalan beriringan dengan persahabatan yang kita bentuk. (hal. 297-298 ; Al)

Yak, review novel yang satu ini cukup singkat. Secaranya ceritanya (sedikit) bersambung di bagian akhir Alice dan di bagian awal Catherine. Saya cukup tertarik dengan Alice-nya Mbak Winna. Persahabatan yang manis. Sayangnya di novella kedua, Catherine, saya merasa agak biasa saja, mungkin karena terkesan mengulang. Ceritanya hampir sama hanya saja dikisahkan dari sudut pandang yang berbeda, oleh Catherine.

Selain itu, entah mengapa, saya malah nempel terus sama Al. Jadinya pas baca dari sudut pandang Catherine, yang muncul itu malah Al. Setting ceritanya dominan di Belfast Maine, sebuah kota kecil di Amerika Serikat. Cukup menarik bisa mendapat pengetahuan baru. Serasa baca novel terjemahan karena settingannya di luar. He he..

Selama mengikuti cerita yang diperinci di novella kedua, saya merasa biasa. Namun ending yang disajikan membuat saya puas. Penuturannya apik. Ceritanya ditutup dengan baik.
Salah satu pelajaran yang dapat kita ambil dari kisah Al- Cat adalah, manfaatkan kesempatan yang ada sebaik mungkin. Jangan menunggu terlalu lama atau semuanya akan terlambat. Jika demikian, penyesalan lah yang menghampiri.

Well, ini salah satu kisah pahit manis persahabatan yang bagus. Bagi teman- teman yang menyukai cerita yang dibalut dengan tema persabatan, novel ini cocok menjadi pilihan. Selamat membaca J

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar