Daftar Review

Selasa, 25 Desember 2012

Antara Aku dan Dia - Agnes Jessica


Judul               :  Antara Aku dan Dia
Pengarang        : Agnes Jessica
Penerbit           : PT Gramedia Pustaka Utama
Tebal               : 224 halaman

Sinopsis :
Sasha, anak pengusaha kaya di Metro Lampung, lari dari rumah karena dipaksa menikah. Sultan, anak pegawai ayah Sasha yang berniat membunuh ayah gadis itu, terpaksa kabur karena akan dibunuh.

Karena suatu hal, mereka kabur bersama ke Jakarta. Tanpa terduga mereka terdampar di sisi gelap kehidupan metropolitan. Mereka berdua terjebak dan saling tergantung untuk bertahan hidup. Karena tiadanya uang, mereka terpaksa tinggal bersama dan mengaku sebagai kakak-adik, walau sebenarnya saling membenci.

Jakarta yang keras menekan mereka sampai batas kekuatan terakhir. Mampukah mereka bertahan di tengah godaan untuk dorongan mencari uang secara illegal? Apakah Sasha dapat bertahan, ataukah pulang dan menyerah untuk kembali ke sarang nyaman yang dihuninya selama ini?

Review :
Nama lengkapnya Prinsesa tapi lebih senang dipanggil Sasha. Ayahnya kaya sekali dan istrinya banyak. Oleh ayahnya, Sasha akan dijodohkan dengan Andy Chandra, pengusaha kaya juga. tapi Sasha tidak menyukainya. Sasha menilai bahwa kelakuan Andy bahkan lebih parah dari ayahnya. Karena sifat ayahnya yang otoriter, Sasha tidak bisa menolak. Oleh karena itu ia berencana untuk kabur.

Di tengah rencananya muncullah Sultan. Sultan ialah pria yang berniat untuk membunuh ayah Sasha karena dianggap sebagai penyebah ayah Sultan mati bunuh diri. Ia datang untuk menuntut balas. Sayangnya ia tidak berdaya untuk melawan ayah Sasha. Ia malah ditembak lalu dikurung oleh ayah Sasha. Di malam saat akan kabur, Sasha mengajak serta Sultan. Mereka pun kabur ke Jakarta menaiki feri.

Namun nasib belum berpihak kepada mereka. Uang tunai sebesar seratus juta rupiah beserta perhiasan Sasha raib dalam perjalanan menuju Jakarta. Kebayang nggak sih? Bermodalkan uang yang tinggal tiga ratus ribu rupiah, Sasha dan Sultan harus berhemat. Maka tinggallah mereka di kos-an kumuh. Sekamar pula karena Sultan mau menghemat biaya kos. Sasha harus beradaptasi. Lingkungan tempat tinggal mereka juga kurang baik. Impian Sasha untuk kuliah dan tinggal nyaman di Jakarta lenyap sudah.

Sasha tinggal sekamar dengan Sultan namun ia tidak mengenal Sultan dari pribadinya. Anehnya mereka berdua saling meledek dan terlihat cemburu saat masing- masing dekat dengan lawan jenis. Seperti saat Sultan menemani Katrina, salah satu teman kos mereka yang bekerja sebagai pelacur, tak urung Sasha kesal. Ia bahkan mengomeli Sultan. Begitu pula saat Sasha keluar dengan Yakub, anak bos Sasha, Sultan juga terlihat cemburu. Apakah bibit cinta mulai tumbuh di antara mereka berdua? Lalu bagaimana mereka menjalani hidup seperti ini? Apakah mereka mampu bertahan pada kerasnya Jakarta dan lingkungan hidup mereka? Ikuti kisahnya di Antara Aku dan Dia.

Proses. Ini yang selalu saya nikmati setiap membaca karya Mbak Agnes. Perjalanan kisah para tokoh selalu memberi warna tersendiri di setiap novelnya dan saya suka. Meskipun endingnya mudah ditebak, tapi saya puas bisa menikmati keseluruhan isi novel. Ditambah penuturannya yang santai, sudah pasti.

Novel ini menceritakan tentang kehidupan lebih dari yang kita ketahui. Kita jadi bisa melihat bahwa hidup ini bagaikan dua sisi berbeda dalam sebuah koin. Ada bagian dimana kita diingatkan untuk menghindari perbuatan menyimpang namun pengarang mengajak kita untuk melihat dari sisi lain bahwa perbuatan buruk dilakukan karena terpaksa oleh keadaan, memang tidak ada pilihan lain. Ya, hidup ini memang keras. Itulah salah satu poin yang saya dapat.

Namun saya merasa chemistry Sasha dan Sultan agak kurang. Kedekatan mereka kurang dijelaskan. Tahu- tahu saling mencintai. Begitupun saat ada kenyataan yang terungkap *ingetin diri sendiri awas spoiler* rasanya terlalu cepat. Akan tetapi segalanya bisa terjadi bukan? Bahkan dalam kehidupan nyata pun kita bisa menemukan hal di luar dugaan kita.
Well, secara keseluruhan saya menikmati novel ini. Oke lah. Boleh dicoba kok, teman- teman. Selamat membaca ya

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar