Daftar Review

Minggu, 16 September 2012

Best Friends Forever HSP Golden Goal by Orizuka




Judul               : Best Friends Forever High School Paradise Golden Goal
Pengarang       :  Orizuka
Penerbit           : Puspa Populer, Grup Puspa Swara
Tebal               : 168 halaman



Sinopsis :
Siapa yang tidak kenal dengan empat cowok keren SMA Athens? Jago bola, super tampan, plus punya otak alias pintar?! Yeah, tebakan kalian benar. Sid, Cokie, Rama, dan Lando. Apa yang kira- kira terjadi pada mereka kali ini ya? Dihukum guru? Menang tanding bola? Atau dikejar cewek- cewek cantik? Hmmm… mereka pengen cerita awal persahabatan mereka yang ternyata dimulai dari berkelahi. Penasaran kan apa yang terjadi ketika Sid, Cokie, Rama, dan Lando sebelum menjadi empat sahabat yang gila sepak bola? Atau ingin tahu kisah empat cowok yang digilai cewek- cewek tersebut setelah terjangkit virus cinta? Nah, di sini, Sid, Cokie, Rama, dan Lando akan membuka rahasia- rahasia yang selama ini off the record. Padahal, kisah mereka sangat berwarna kayak pelangi, penuh canda-tawa, juga tangisan yang mengharu-biru. Sinetron aja kalah! Hehehe. Shhhsssttt… ada cowok keren baru juga di sini. Penasaran? Cek langsung aja deh!
Review :
Dari judul novelnya saja sudah bisa ditebak kalau ini novel ceritanya tentang persahabatan. Agak berbeda dari novel lain dengan tema sahabat yang kebanyakan tokoh- tokoh utamanya wanita, kali ini kak Orizuka menghadirkan empat cowok ganteng sebagai tokoh- tokoh utamanya. Ini dia empat cowok keren yang akan menemani kita sepanjang novel ini :
Lando, cowok yang semangat belajarnya hilang karena terhambat oleh kondisi keuangan yang tidak memungkinkan untuk melanjutkan pendidikannya. Padahal ia pintar, terutama dalam pelajaran Matematika. Ia lalu bergabung dengan geng preman yang kerjaannya memalak siswa-siswa kaya. Ketika ia bertemu dengan tiga siswa sekolahnya, ia mengenal arti persahabatan dan betapa berharganya saat- saat itu.
Rama, cowok ini sangat dewasa mengingat dia masih SMP. Ia dibesarkan dalam lingkungan yang sangat baik oleh kedua orangtuanya. Sama seperti Lando, ia adalah siswa yang pintar. Ia adalah sosok yang bertanggung jawab, peduli pada keadaan orang di sekitarnya.
Sid, merupakan karakter favorit saya di novel ini. Cowok berambut pirang ini sangat lucu dan berada di dekatnya akan membuat kita selalu tertawa. Pembawaannya yang santai dan belum juga dewasa meski sudah lulus kuliah itulah yang menjadi ciri khas tersendiri. Bahkan, sang pacar menjulukinya ‘pirang imut’.
Cokie, cowok ter-ganteng di antara mereka berempat. Kemana pun ia melangkahkan kakinya, cewek- cewek akan terpesona padanya. Ia juga seorang playboy. Nggak heran sih mengingat tampangnya yang lebih dari cukup. Hingga suatu hari ia mengenal seorang gadis sederhana, Via, yang tulus mencintainya apa adanya, tanpa memandang dari segi materi dan penampilan. Sayangnya hubungan mereka harus berakhir.
Best Friends Forever (BFF) mengingatkan saya pada karakter empat cowok beken di serial drama Taiwan, F4. Hanya saja ini versi Indonesia. Saya mengira novel ini akan diawali dengan perkenalan mereka yang berlanjut terus hingga mereka tamat sekolah atau gimana. Ternyata enggak. Setiap babnya meneritakan kejadian- kejadian dan masalah yang dialami keempat cowok itu. lando dengan masalah keuangannya hingga akhirnya ia menemukan sahabat- sahabat yang selalu ada setiap saat, Rama yang menemukan cintanya lewat keadaan keluarga teman sekelasnya yang memprihatinkan, Sid dan pacarnya, Julia, yang dibuat pusing setengah mati oleh anak berusia delapan tahun, dan Cokie yang harus memilih antara masa lalunya atau masa sekarang meski pada akhirnya ia harus menerima kenyataan pahit bahwa cewek yang ia cintai ternyata begitu terluka demi mencintai seorang Cokie.
Karena ini merupakan cerita masing- masing ‘personel’, maka alurnya juga bisa lompat kembali ke masa yang sudah lewat. Tapi ceritanya tetap nyambung dan bagus. Yang aku suka adalah kak Ori mampu menyajikan secara ringkas (tapi tetap dapet) kisah mereka dalam novel setipis ini. Disini pembaca (berhubung saya sudah tamat SMA) seolah diajak untuk mengenang kembali masa- masa SMA. Asam manisnya persahabatan terasa dalam BFF seri ketiga ini.
Dan saya cukup suka di bab added time dimana muncul satu karakter baru lagi. Sebenarnya sudah pernah disinggung di bagian depan, hanya di bab ini diperjelas. Dia adalah Zai, ketua OSIS yang entah-mengapa-bisa-terpilih. Semua tugasnya ia serahkan pada Alia, partnernya di OSIS. Bisa dibayangin dong punya ketua OSIS yang langsung pusing pas baca proposal kegiatan ini- itu? Gokil deh pokoknya.
Satu yang saya sayangi, pembatas bukunya terlalu kecil dan lembek. Jadinya nggak berani saya pakai karena takut lecek. He he.. overall, semuanya bagus. Kalau ada yang bingung, ih,..kok ceritanya bisa begini ya? Nggak masuk akal eh sepertinya.. tenang saja, kak Ori akan menjawab kebingungan teman- teman di akhir cerita setiap bab. Jadinya pembaca nggak terus- terusan bingung. Ditambah gaya penulisan kak Ori yang ringan dan lucu membuat saya bisa ketawa sendiri pas baca. Buat teman- teman yang belum baca, coba deh novel yang satu ini. selamat membaca J

4 komentar:

  1. Udah baca 'High School Paradise' sama 'High School Paradise 2nd half: Love United' belom... Kisah lengkap mereka ada disitu ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum nih :( penasaran bgt sama dua nvl itu..saya tahunya stlh bc nvl ini..masuk list hunting next nvl..hehe :)

      Hapus
    2. Tapi dua novel itu belum dicetak ulang lagi,, sekarang masih dalam pertimbangan cetak ulang.. Moga beneran dicetak ulang deh.. Seru lho~

      Hapus
    3. Pantesan td wktu cari di tokbuk online katany stok habis. Iya..moga" dicetak ulang ya..asli bikin penasaran..hehe..

      Hapus