Daftar Review

Jumat, 15 Agustus 2014

Lima Sekawan : Nyaris Terjebak (Enid Blyton)

Judul               : Nyaris Terjebak
Pengarang      : Enid Blyton
Penerbit         : PT Gramedia Pustaka Utama
Tebal              : 240 halaman

Sinopsis :
Dick diculik! Lima Sekawan mengikuti jejak penculiknya dan mereka sampai ke sebuah rumah besar yang amat terpencil. Tapi… Lima Sekawan akhirnya tertangkap dan ikut dikurung! Dapatkah mereka membebaskan diri?!

Review :
Setelah mencoba membujuk Bibi Fanny, akhirnya Lima Sekawan diizinkan untuk berkemah. Anak- anak senang sekali. Liburan akan menjadi seru mengingat ini kali pertama mereka akan berkemah.

Mereka mengayuh sepeda menuju lokasi perkemahan, mendirikan tenda, dan menikmati liburan mereka di alam terbuka. Namun liburan santai itu berbubah menjadi menegangkan saat mereka bertemu Richard.

Pagi itu, Julian dan Dick hendak berenang di danau dekat kemah. Sesampainya di sana, ada seorang anak yang sedang berenang. Anak itu bernama Richard dan danau itu ialah danau milik keluarganya. Julian dan Dick mengurungkan niat mereka karena danau itu adalah danau pribadi. Namun Richard mengajak mereka dan tak lama ketiganya sudah asyik berenang.

Saat Julian dan Dick kembali ke perkemahan, mereka membawa serta Richard. Richard pun berkenalan dengan Anne dan George. Setelah membenahi tempat tinggal  mereka, anak- anak menyusun rencana untuk bersepeda ke Hutan Middlecombe. Richard mengutarakan niatnya untuk ikut. Katanya ada bibinya yang tinggal di dekat sana. Anak- anak mengizinkan. Mereka kemudian berpisah dengan Richard yang akan meminta izin terlebih dahulu pada ibunya lalu menyusul anak- anak ke Pojok Croker.

Richard menyusul dengan cepat. Ia berbohong kepada anak- anak bahwa ibunya mengizinkan. Padahal ia sama sekali tidak meminta izin. Ia juga bersikap aneh dengan langsung menghilang setibanya di rumah bibinya. Meski merasa aneh, anak- anak tetap melanjutkan perjalanan.

Mereka tiba di Hutan Middlecombe dan menemukan lokasi perkemahan yang cocok. Julian dan George melanjutkan mencari pertanian untuk membeli makanan. Sedangkan Dick tidak ikut karena ban sepedanya bocor dan Anne juga tinggal untuk beristirahat.

Setengah jam kemudian, Dick dan Anne mendengar suara. Richard! Ia berlari dan berteriak ketakutan, hendak meminta tolong pada Julian dan Timmy. Ternyata bibinya sedang tidak berada di rumah dan ia bertemu dengan Rooky, mantan karyawan ayahnya yang dendam karena dipecat. Ia melihat Richard dan hendak menculiknya. Oleh karena itu, Richard lari dan mencari pertolongan.

Richard kemudian berlari lagi mencari Julian dan Timmy. Sialnya, anak buah Rooky tidak mengenali Richard. Mereka melihat Dick, mengira anak itu adalah Richard, lalu menangkap Dick. Anne yang saat itu sedang berada di atas pohon sangat ketakutan.
Sementara itu, Julian dan George sedang dalam perjalanan kembali dan Richard berhasil menemukan mereka. Julian dan George tentu heran. Richard lalu menceritakan semuanya. Mereka bergegas kembali ke tempat Dick dan Anne ditinggalkan.

Anne akhirnya bisa sedikit lega saat saudara- saudaranya kembali. Mereka akan menyusul dan membebaskan Dick. Anne mendengar lokasi penculik itu akan pergi. Namun Richard sangat takut. Anak- anak yang sudah kesal karena Richard tidak memedulikannya. Mereka tetap akan menyelamatkan Dick.

Owl’s Dene ternyata adalah tempat yang mengerikan. Tidak hanya penculikan Dick, Rooky dan teman- temannya juga memiliki rahasia lain. Setelah mencoba agar tidak ketahuan, akhirnya Julian, Anne, George, Richard, dan Timmy malah ikut terkurung. Namun mereka tidak akan tinggal diam. Dick akan ikut bebas bersama mereka. Bagaimana petualangan mereka selanjutnya? Apakah mereka berhasil menyelamatkan Dick dan Richard yang menjadi incaran Rooky? Ikuti petualangan seru mereka dalam Nyaris Terjebak.

Mengikuti petualangan Lima Sekawan selalu menyenangkan. Bayangan tentang tempat Dick disekap semakin menambah kesan seram karena namanya Owl’s Dene. Agak sebal dengan Richard, tapi mau bagaimana. Ia terbiasa hidup berkecukupan dan tampaknya kesepian sehingga tumbuh menjadi anak yang banyak omong tetapi penakut. Tapi pada akhirnya ia bisa juga untuk diajak bekerja sama. Saya suka dengan karakter Julian. Ia sosok kakak yang baik dan bisa diandalkan untuk melindungi adik- adiknya. Masih banyak serial dari Lima Sekawan ini yang belum saya baca, dan pengin mengikuti petualangan mereka yang lainnya. Teman- teman yang suka dengan seri Lima Sekawan ini, manakah petualangan favorit kalian?

3 komentar:

  1. Aku paling suka yang berkelana, seru aja ngebayangin liburan dengan karavan.. dan makanan2 mereka itu selalu bikin ngiler ya ta.. pengen ikutan nyoba minum limun jahe, sama masakan si Anne :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang itu aku belum baca, Mbak..hehe.. iya..ada aja deh bekal mereka..kalo nggak Anne yang nyiapin, ya Joanna..sedap" rasanya..limun jahe nggak pernah absen ya, Mbak di setiap petualangan mereka. singgah di manapun, minumannya tetep limun jahe :))

      Hapus
  2. nice post sob..
    article yang menarik,saya tunggu article berikutnya yach.hehe..
    maju terus dan sukses selalu...salam kenal yach...
    kunjungi blog saya ya sob,banyak tuh article2 yang seru buat dibaca..
    agen poker online terpercaya...poker uang asli..
    http://chaniaj.blogspot.com/ dan situs kesayangan kami http://oliviaclub.com
    serta sites.google kebanggaan kami https://sites.google.com/site/pokeronlineterpopuler/
    di oliviaclub.com poker online uang asli terbaik di indonesia dengan teknologi teraman dan tercanggih.
    main dan ajak teman anda bergabung dan dapatkan 20% referral fee dari house commision untuk turnover teman ajakan anda...

    BalasHapus