Daftar Review

Minggu, 05 Januari 2020

Acc, Pak!! - Rara Rachel



ACC, PAK!!   Rara Rachel
288 halaman
Gramedia Pustaka Utama, 2019
Baca di aplikasi GramediaDigital

Sinopsis :
Memasuki masa skripsi, Olivia Charil Annisa ketar- ketir karena Danial Adiwiryawan mendadak ditunjuk sebagai dosen pengganti sekaligus penguji skripsinya. Meskipun ganteng dan bergelar PhD dari University of Cambridge, Pak Danial terkenal judes dan cuek terhadap mahasiswi. Berbeda 180 derajat dengan Aria Adiwiryawan, sang kakak, yang merupakan dosen pembimbing Olivia.

Tadinya, Olivia – yang biasa dipanggil Yaya – hanya ingin fokus pada urusan bimbingan dengan Pak Aria, tapi mau tak mau Danial kerap terlibat, hingga intensitas pertemuan mereka pun meningkat.

Perlahan Yaya mulai melihat sisi Danial yang selama ini tersembunyi. Dia bimbang harus merasa bagaimana atas perlakuan Danial padanya. Menyenangkan tapi rasanya… tidak tepat.
Bukan hanya isu etika profesional di antara mereka, status pria itu sebagai duda yang sepaket dengan putri kecilnya benar- benar menjadi ujian kuadrat bagi Yaya.

For some people, wrong things can be right in the name of love.

Namun bagi Yaya, ia tidak ingin cintanya pada dosen muda itu berada di jalur yang salah…

Review :
Dosen penguji yang selalu menjadi hot topic di kalangan mahasiswi karena kegantengan dan kedinginannya itu bernama Danial. Dosen yang kemudian menggantikan dosen penguji Yaya yang terdahulu menjadi dosen pembimbing sekaligus penguji Yaya.

Ini tentunya menjadi mimpi buruk bagi Yaya yang ingin cepat menyelesaikan skripsinya. Seolah dunia ini sempit, Reihan, sepupu Yaya, ternyata adalah sahabat Danial. Di mana ada Reihan, besar kemungkinan ada Danial yang menemani. Terlebih Reihan suka mengajak Yaya untuk ikut serta kalau mereka hang out.

Pertemuan Yaya dan Danial tidak hanya sebatas mahasiswi dengan dosennya untuk bimbingan. Lebih dari itu. Sekuat apapun usaha Yaya untuk menghindar, Danial selalu bisa memanfaatkan kesempatan yang ada untuk bisa dekat dengan Yaya. Sayangnya Yaya bukan tipikal gadis yang peka.

Danial nggak masuk standar pria idamanku karena aku suka orang ramah. Selain itu, seleraku masih selera lokal. Aku sama sekali tidak kepincut cowok blasteran. – hal. 6

Namun rasa tetaplah rasa. Tidak bisa dipungkiri jika ia sudah hadir. Yaya mulai melihat Danial dari sudut pandang yang berbeda dan Danial adalah sosok yang baik. Saat ia bertengkar dengan Danial dan pria itu tidak mengacuhkan Yaya, Yaya merasa sedih dan kehilangan. Yaya sadar bahwa ia telah jatuh cinta pada Danial. Ia bersedia menerima Danial dengan status dudanya. Yaya juga sangat dekat dengan Kayla, putri kecil Danial, dan siap menerima dan menjaga Kayla bersama Danial.

“Kenapa?” tanyaku pelan setelah berhasil mengendalikan jantungku. “Kenapa saya?”
Danial tampak berpikir. “It just happened. The feeling, I mean,” jawabnya setelah beberapa saat.
“…”
The rain falls without knowing how or why they fall. They just do. The rain is like someone’s feeling.” – hal. 211

Saat Yaya disadarkan oleh ibunya bahwa mungkin saja ia dijadikan pelarian oleh Danial, Yaya kembali merenung. Benarkah demikian? Rasanya Danial bukan pria seperti itu. Apakah Danial benar- benar jodoh Yaya di tengah kehadiran Ares, teman masa kecil Yaya, yang selalu memberi perhatian lebih pada Yaya? Mampukah Danial meyakinkan ibu Yaya untuk menerima Danial menjadi menantunya karena status yang melekat padanya? Ikuti kisah Yaya dan Danial dalam Acc, Pak!!
⋅ ⋅ ⋅
Selamat tahun baru bagi kita semua! Semoga di tahun yang baru ini, kita semua…. (silahkan diisi sesuai resolusi dan harapan masing- masing. Kita aminkan bersama semua yang baik- baik ya. Amin!)

Acc, Pak!! merupakan novel pertama yang saya baca dan selesai saya baca di awal 2020 ini. Membaca novel ini mengingatkan saya pada masa masa- masa penyusunan skripsi walaupun kondisi saya jauh berbeda dengan yang dialami oleh Yaya. Tidak ada drama dosen penguji yang ganteng namun super killer seperti yang dijumpai Yaya. Beruntung sekali ya Yaya #eh

Ceritanya mengalir ringan sehingga nyaman bacanya. Typo ada, untungnya minim. Masih aman. Secepat ini menamatkan kisah Yaya-Danial. Agak nggak rela tapi kalau kepanjangan nanti bosan juga. He he.

Walaupun mudah ditebak, namun manisnya dapet dan ceritanya tidak maksa. Satu yang saya sukai adalah tokoh utama pria dan wanita yang terpaut usia yang cukup jauh. Seru aja ya kalau eksekusinya bisa bagus. Overall sih oke tapi nggak sampai bikin baper apalagi uring- uringan bacanya. Acc di 3 dari 5!!

4 komentar:

  1. Ulasan yang menarik, semenarik premis novelnya. Saya agak jarang nemu cerita YA yang mana hubungannya mahasiswa sama dosen. Terima kasih sdh membuat ulasannya, saya kepikiran buat baca novel ini juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebetulan judulnya menarik, jadi langsung tahu kalau ini tentang perkuliahan dan sedikit banyak membahas hubungan antara mahasiswa dengan dosennya. Sama2. Selamat membaca ya.

      Hapus
  2. Apakah ada plot twist atau jangan-jangan endingnya seperti yang saya duga??? hehe :D

    Nice Review kak....*langsung melipir ke gramdig :D*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tanpa twist, Nov. wkwkwk. Bisa jadi seperti yang kamu duga. Makasih Nov. Cuss tinggal download, sudah kuperpanjang :)

      Hapus